Scanner

        adalah sebuah alat pemindai salah satu perangkat input pada komputer, merupakan suatu alat yang berfungsi untuk menduplikat objek layaknya seperti mesin fotokopy ke dalam bentuk digital.
           Scanner dapat menduplikat objek tersebut menggunakan sensor cahaya yang terdapat di dalamnya. Sensor yang terdapat pada scanner tersebut mendeteksi struktur, tulisan, dan gambar dari objek yang discan lalu dikirimkan ke komputer dalam bentuk digital.
            Fungsi Scanner sudah jelas karena dengan adanya alat ini, kita dapat menduplikat hard-copy seperti kertas, makalah, maupun foto ke dalam bentuk digital ke komputer. Jadi saat kita kehilangan source berkas seperti foto atau makalah, kita dapat menyimpan foto tersebut ke komputer kita. Jadi ketika foto itu hilang, atau rusak, kita masih punya simpanan/salinannya di komputer dalam bentuk digital.

Cara Menggunakan Scanner
Caranya:
1. Siapkan Komputer, Mesin Scanner Canon Lide 25, dan Program Adobe Photoshop. Pastikan Driver Scanner Canon Lide 25 sudah terinstall.
2. Letakkan foto yang mau di scan di dalam mesin scanner








3. Buka program Adobe  Photoshop, pilih menu File/Import/WIA-CanoScan LIDE 25 enter







4. Akan muncul window baru (seperti gambar berikut) lalu klik menu Scan






5. Akan muncul Foto yang kita scan, save dalam format jpg
6. Untuk menyimpan file foto, pilih menu File/Save as/ketikkan nama file foto yang diinginkan, mis. Foto1/pilih format jpg/ok/ok






7. Selesai, selamat mencoba !

Komentar